Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. Lahaji, M.Ag bersama dengan Bupati Kabupaten Gorontalo yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia Provinsi Gorontalo, Prof.Dr.Nelson Pomalingo,M.Pd melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid di Kampus 2 IAIN di Limboto, Senin (11/10).
“Kita sudah mulai dengan pembangunan Masjid di Kampus 1 yang hanya dilaksanaan selama kurang lebih 1 tahun. Tahun ini kita mulai pembangunan masjid kampus 2 ini dengan harapan dapat menjadi pusat kajian islam dan dakwah di Gorontalo, yang dengan konsep mempertahankan kontur alam (nature friendly), sehingga nanti kita berharap ini bisa menjadi pusat tamadun, tunjuk ajar, pembinaan akhlak dan khazanah intelektual Islam”, ujar Rektor.

Dalam sambutannya Rektor berharap pembangunan Masjid ini sebagai sarana tempat ibadah yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh Mahasiswa, Dosen, Tenaga Pendidik dan masyarakat sekitar. Sesuai dengan perencanaan, bangunan masjid ini akan digunakan pada tahun 2023 yang akan datang.Sementara itu Bupati Prof. Dr. Nelson Pomalingo, M.Pd menyambut baik pembangunan masjid di kampus 2 IAIN Limboto ini dan mengajak civitas akademika untuk mensukseskan dan menyelesaikan pembangunan ini sebagai bentuk tanggungjawab kita bersama.“Membangun sarana ibadah ini tidak cukup dengan mimpi akan tetapi harus punya keberanian, membangun sarana ibadah ini tidak hanya tanggung jawab Kampus, tetapi merupakan tanggung jawab kita bersama,”ujar Bupati.

Dalam kesempatan ini, Bupati menyerahkan buku kumpulan khutbah dari Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan berjanji akan memberikan dukungan secara pribadi kepada Panitia Pembangunan melalui donasi 100 kantong semen untuk pembangunan masjid. Selain itu, Bupati berharap keberadaan masjid dapat membantu Program Pemerintah dalam mewujudkan Limboto sebagai Kota Pendidikan.

Pembangunan Masjid yang dibanderol senilai Rp 3.673.677.000 ini diinisiasi dari swadaya civitas akademik IAIN Sultan Amai Gorontalo dengan dan donasi dari berbagai sumber di masyarakat yang tidak mengikat. Peletakan batu pertama yang dihadiri oleh unsur pimpinan IAIN tingkat Institut hingga Fakultas ini diharapkan menjadi spirit dalam mewujudkan pembangunan masjid di Kampus 2 Limboto.

 

Bagikan: