Gorontalo – IAIN Sultan Amai Gorontalo sukses meraih prestasi gemilang dalam ajang bergengsi Pekan Olahraga, Riset dan Ornamen Seni PTKIN se-Indonesia Timur (POROS INTIM) II, dimana kontingen IAIN Sultan Amai Gorontalo keluar sebagai juara umum.

POROS INTIM II yang diselenggarakan di IAIN Sultan Amai Gorontalo selama empat hari sejak 1 Oktober sampai dengan 4 Oktober 2021 ini diikuti oleh sebanyak 364 peserta, dengan 129 official dari 13 PTKIN di Indonesia bagian Timur.

Ajang bergengsi bagi mahasiswa PTKIN Indonesia Timur ini mempertandingkan 16 cabang lomba dengan 22 kategori yang terbagi dalam dua bidang, yaitu bidang riset ada 6 cabang lomba, cabang seni 10 cabang lomba. Dimana kontingen IAIN Sultan Amai Gorontalo sukases meraih juara umum denga perolehan 14 medali.

Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. Lahaji Haedar, M.Ag dalam sambutannya pada acara penutupan POROS INTIM II yang digelar di auditorium lantai 4 gedung rektorat, Jumat (8/10/21) memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas capaian yang diraih oleh mahasiswa IAIN Sultan Amai Gorontalo pada ajang bergengsi ini.

“Selamat atas capaian yang diraih oleh kontingen IAIN Sultan Amai Gorontalo yang sukses meraih juara umum pada perhelatan POROS INTIM II ini,” ucapnya

Lahaji menambahkan, tujuan akhir dari pelaksanaan POROS INTIM II ini bukanlah medali atau perolehan kejuaraan, akan tetapi dibalik itu semua hakekatnya adalah untuk menjalin persaudaraan dan kesatuan sesama kita, khususnya PTKIN se-Indonesia Timur.

Sementara itu Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Ruchman Basori, M.Ag mengatakan, pelaksanaan POROS INTIM II ini telah dilaksanakan dengan sangat baik. Dimana dirinya sejak pembukaan hingga pelaksanaan lomba telah memantau secara daring dan perhelatan ini telah menghasilkan juara-juara yang hebat.

“Selamat bagi adik-adik mahasiswa PTKIN Indonesia Timur yang sukses meraih juara. Dan bagi yang belum juara jangan berkecil hati ini merupakan awal dari prestasi dan Kementerian Agama akan memberikan apresiasi yang luar biasa pada event-event yang akan datang” jelasnya

Adapun perolehan medali pada perhelatan bergengsi antar mahasiswa ini, IAIN Sultan Amai Gorontalo ditetapkan menjadi juara umum I dengan perolehan 14 medali, UIN Alauddin Makassar memperoleh predikat juara umum II dengan perolehan 10 medali dan juara umum III diraih oleh IAIN Kendari dengan perolehan 7 medali.

POROS INTIM II ini semula akan mempertandingkan lomba pada bidang olahraga dengan metode luar jaringan, namun lomba ini ditiadakan setelah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Penyelenggara memutuskan hanya menyelenggarakan lomba pada bidang Riset dan Ornamen Seni secara daring.

Penutupan POROS INTIM II juga turut dihadiri oleh para Pimpinan PTKIN se-Indonesia, para Wakil Rektor III se-Indonesia Timur, serta para pimpinan dan civitas akademika dilingkungan IAIN Sultan Amai Gorontalo. (Aadum)

 

Bagikan: