Gorontalo, Hms_Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo, Dr. Lahaji Haedar, M.Ag membuka secara langsung kegiatan pembekalan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Fakultas Syariah yang dilaksanakan di gedung LPM Kampus 1 Kota Gorontalo, Selasa (25/8/20).

Hadir pada pembekalan tersebut Dekan Fakultas Syariah, Dr. Ayub Ishak, MA, para Wakil Dekan, para unsur pimpinan Fakultas serta mahasiswa peserta PPL. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan standar protokol kesehatan secara ketat, dimana para peserta sebelum masuk ruangan wajib cuci tangan, menggunakan hand sanitizer, masker serta menjaga jarak.

Dihadapan peserta PPL Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. H. Lahaji menyampaikan, tantangan yang dihadapi perguruan tinggi dan mahasiswa saat ini kian berat. Karenanya  diperlukan  beradaptasi dibidang kompetensi. Dijelaskan, program PPL ini merupakan jembatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman pendidikasn secara faktual di lapangan, untuk  menerapkan dan mengaplikasikan ilmunya secara langsung.

“Saya berharap Melalui PPL ini mampu menciptakan lulusan yang siap pakai, lulusan yang berdaya saing global” untuk menghadapi pasar bebas, karena PPL ini merupakan bagian dari kurikulum kita yang berbasis KKNI” ujar Rektor

Sementara itu  Wakil Dekan II Dr. Nova Eventy Muhammad, M.H.I dalam laporannya menyampaikan, kegiatan pembekalan PPL ini akan berlangsung selama dua hari 25 sampai dengan 26 Agustus 2020 dan pelepasan PPL akan dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2020.

“Para peserta PPL akan berada di lokasi mulai tanggal 31 Agustus sampai dengan 25 September 2020” Jelasnya

Nova menambahkan peserta PPL yang berjumlah 151 peserta akan ditempatkan diberbagai lokasi. Untuk Jurusan Ahwal Syakhsiyah berlokasi di Kantor Pengadilan Agama, Kemenag dan KUA se Provinsi Gorontalo. Jurusan Hukum Pidana Islam di Pengadilan Tinggi Gorontalo, Pengadilan Negeri Gorontalo, Kejaksaan Negeri Gorontalo, Polres Bone Bolango dan Kantor Kecamatan. Hukum Ekonomi Syariah berada di Kantor Basnas Kabupaten dan Kota se Provinsi Gorontalo serta di Kantor-kantor Notaris dan untuk Jurusan Hukum Tata Negara berada di Kantor Bawaslu Provinsi dan Kabupaten, Kota Gorontalo, Kantor KPU Provinsi, Kabupaten, Kota Gorontalo dan Kantor DPRD.

“Penempatan lokasi PPL ini berdasarkan sesuai dengan jurusan masing-masing dan keahliannya masing-masing,  sehingga ilmu yang selama ini didapatkan dalam bentuk teori diruangan kelas dapat diaplikasikan dan didapatkan dalam bentuk praktek” tandas Nova (Aadum)

Bagikan: