TINGKATKAN MUTU MANAJEMEN PRODI, PBA IAIN GORONTALO HADIRI RAKERNAS DAN WORKSHOP PP-PBA 2023

Yogjakarta_ Dalam rangka memperkuat mutu manajemen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Sultan Amai Gorontalo Dr. Ratni Bt. Hj. Bahri, M.Pd.I mengikuti kegiatan Rapat Kerja Nasional dan Workshop PP-PBA tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PP-PBA), bertempat di Hotel New Shapir Yogyakarta, 06-07 Juli 2023.

Seluruh peserta yang hadir merupakan utusan dari masing-masing jurusan PBA yang berjumlah sebanyak 48 Prodi se Indonesia.  Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja PP-PBA bekerjasama dengan Ittihad Mudarris Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Indonesia (IMLA-I). Kegiatan yang mengusung tema “Manajemen Mutu Akademik Prodi Pendidikan Bahasa Arab Menuju Akreditasi Nasional dan Internasional” dengan menghadirkan pemateri Internasional Dr. Waleed El Sayed Koordinator Velit SEYIT Fatih Sultan Mehmet Vakif University Turkiye.

Kajur PBA berpose bersama Dr. Waleed El Sayed

Kegiatan diawali dengan Opening Ceremony yang dihadiri oleh Ketua IMLA Indonesia Prof. Dr. Tulus Musthofa, Lc.,M.A sekaligus membuka acara Rakernas dan Workshop PP-PBA 2023. Dalam sambutannya menyampaikan tentang model-model pembelajaran bahasa Arab dengan Language Immersion yaitu suatu model pembelajaran bahasa, dimana peserta didik berada dalam lingkungan bahasa Arab dan menjadikan bahasa tersebut sebagai bahasa utama yang digunakan untuk berkomunikasi serta belajar sehari-hari. Lebih jauh lagi menjelaskan bahwa model pembelajaran seperti ini dapat dilakukan melalui program perkemahan Arab, musik Arab, tour di negara-negara yang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa utama.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini, Ketua Umum PP-PBA Dr. Dedih Wahyudin, MA dan Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sekaligus sebagai Dewan Pembina LAMDIK Prof. Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd. Dalam sambutannya lebih banyak memberikan pesan dan dan tips sukses bagaimana meraih akreditasi unggul Nasional dan Internasioal, hal-hal apa yang perlu dipersiapkan oleh setiap prodi agar dapat meraih akreditasi unggul seperti yang diharapkan. Sementara Ketua Umum PP-PBA menyampaikan mengenai rencana kegiatan MUNAS PPPBA Indonesia, PINBA ke-14 dan Muktamar IMLA yang nanti akan dilaksanakan di UIN Mataram, Lombok pada bulan September mendatang. Agenda dari kegiatan tesebut selain ada presentasi ilmiah, akan ada pula peralihan Organisasi Asosiasi PP-PBA untuk menggabungkannya menjadi 1 perkumpulan, PP-PBA dari s1, s2 dan s3.

Acara dilanjutkan dengan presentasi materi sebanyak 7 sesi yang disampaikan oleh para pemateri yang pakar dibidangnya, diantaranya Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd, merupakan Pakar Kurikulum UNY Yogyakarta menjelaskan mengenai pengembangan kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa berbasis OBE dan MBKM. Dr. Waleed El Sayed Koordinator Velit SEYIT, Fatih Sutan Mehmet Vakif University Turkiye menjelaskan penerapan CERF dalam pembelajaran bahasa Arab di Turkiye.

Hari ke-2 pemaparan materi oleh Dr. m Fakhri Husein, M.Si. Ketua LPM UIN Sunan Kalijaga membahas tentang manajemen mutu akademik Program Studi menuju Akreditasi Nasional dan Internasional. Materi dilanjutkan oleh Prof. Dr. Abdul Munip, M.Ag Wakil Dekan 1 FITK UIN Sunan Kalijaga selaku Asesor BAN-PT dan Lamdik, dalam kesempatan ini membahas materi mengenai 9 kriteria Akreditasi LAMDIK dan tips penyusunan DKPS dan LED.  Sesi selanjutnya diisi oleh Singgih Kuswardono, M.A.,Ph.D Kaprodi PBA UNNES Semarang membicarakan tentang 7 kriteria Akreditasi Internasional AQAS dan tips penyusunan SER  AQAS dan contoh penyusunannya. Sesi terakhir dibawakan oleh Prof. Dr. Sigit Purnomo, M.Pd merupakan Klaster 3 SER FIBAA UIN Sunan Kalijaga serta Periah FIBAA Premium Seal, membahas mengenai 5 kriteria Akreditasi Internasional FIBAA dan tips penyusunan SER FIBAA.

Hari terakhir seluruh peserta mengikuti penutupan kegiatan Rakernas dan Workshop PP-PBA tahun 2023 yang diawali dengan pemberian rekomendasi kepada seluruh Program Studi Pendidikan Bahasa Arab pada pergantian Ketua Asosiasi PBA yang akan dilaksanakan di Lombok, Mataram.

Pada kesempatan ini Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Arab sekaligus sebagai salah satu peserta dalam kegiatan Rakernas dan Workshop PP-PBA menuturkan bahwa “Materi yang dipaparkan pada kegiatan ini sangat bermanfaat untuk pelaksanaan MBKM Jurusan PBA IAIN Sultan Amai Gorontalo yg sudah setahun dilewati untuk menuju akreditasi Unggul, bahkan mengutip kata Prof. Dr. Abdul Munip, M.Ag yang pernah mengenyam menjadi Asesor di BAN PT dan sekarang LAMDIK mengatakan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab adalah barang yang bagus untuk dikemas go Akreditasi Internasional”. Ucap Kajur PBA.

Semoga dengan hadirnya kegiatan ini dapat memberikan manfaat besar bagi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab dalam menguatkan mutu manajemen prodi serta dapat menjadi bekal dalam mempersiapkan jurusan yang berkualitas dan berdaya saing untuk mewujudkan program studi Unggul di masa mendatang. Harapannya juga agar kegiatan seperti ini terus berkelanjutan sehingga kita dapat terus upgrade informasi terbarukan mengenai isu-isu Nasional dan Internasional dalam pembelajaran Bahasa Arab.