GORONTALO – Sebanyak 482 Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo dikukuhkan pada wisuda Ke-30 periode ke – II tahun akademik 2021-2022 yang dilaksanakan di Aula Kampus 2 Limboto Kabupaten Gorontalo, Selasa, (30/8/22).

Prosesi Wisuda yang dihadiri langsung oleh  Gubernur Gorontalo Dr. Ir. Hamka Hendra Noer, M.Si, juga dihadiri oleh Rektor UIN Mataram, Prof. Dr. TGH. Masnun, M.Ag, Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. H. Zulkarnain Suleman, M.H.I.,  Ketua Senat dan para anggota Senat, Forkopimda Provinsi Gorontalo, Civitas Akademika IAIN Sultan Amai Gorontalo dan seluruh wisudawan-wisudawati.

Gubernur Gorontalo Dr. Ir. Hamka Hendra Noer, M.Si dalam sambutannya berharap agar para wisudawan IAIN Sultan Amai Gorontalo dapat berkontribusi nyata dan bermanfaat bagi lingkungan masyarakat maupun dilingkungan tempat kerja nanti.

“Semoga kesuksesan hari ini dapat membawa semangat, antusiasme, serta motivasi baru bagi saudara-saudara sekalian untuk segera beraksi mengaplikasikan ilmu seraya mengabdikan diri kepada masyarakat,” ucap Hamka.

Gubernur Gorontalo juga mengingatkan kepada para wisudawan akan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang saat ini menuntut semua pihak untuk senantiasa peka dan sigap terhadap beragam kemampuan dan keahlian yang sangat dibutuhkan dalam bekerja maupun berkarya.

“Kami yakin, lulusan IAIN Sulan Amai Gorontalo yang duduk bergembira dihadapan saya ini adalah alumni-alumni yang mampu dan memiliki kompetensi dalam persaingan dunia usaha, mulai dari dunia pendidikan, ekonomi dan sektor lainnya,” ujar Hamka.

Sementara itu Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. H. Zulkarnain Suleman, M.HI dalam sambutannya menuturkan wisuda periode ke -II ini merupakan wisuda ke-2 baginya, sejak dilantik sebagai Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo pada tanggal 13 Oktober 2021 lalu.

Namun meskipun belum genap setahun masa kepemimpinannya sebagai Rektor, IAIN Sultan Amai Gorontalo terus berbenah dan berupaya melaksanakan sistem manajemen mutu dalam rangka perbaikan tata kelola perguruan tinggi.

Menurutnya, dengan adanya peningkatan kualitas layanan akan menambah keyakinan dan pengakuan masyarakat bahwa IAIN Sultan Amai Gorontalo mampu melaksanakan pelayanan pendidikan serta kegiatan pendukung lainnya yang memenuhi standar nasional pendidikan tinggi.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas koordinasi dan konsistensinya dalam mengawal peningkatan mutu lembaga,” ucap Rektor

Lebih jauh Ketua PWNU Gorontalo itu menjelaskan, seiring dengan perjuangan transformasi kelembagaan IAIN menuju UIN, kini sudah disubmit seluruh instrument-instrumen pendu-kung baik yang bersifat akademik, administrasi, dukungan stakeholders, pengembangan kerja-sama dan instrumen-instrumen non teknis lainnya.

“Kami mengharapkan doa Bapak/Ibu semoga tahun ini proses alih status IAIN menjadi UIN sudah selesai tahapannya di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.” harapnya

Mengakhiri sambutannya Dr. Zulkarnain tak lupa mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan dan orang tua/keluarga atas keberhasilan masing-masing dalam perjuangan meraih gelar akademik jenjang Magister dan Sarjana sehingga dapat diwisuda pada hari ini.

“Kami juga menitipkan nama baik IAIN Sultan Amai Gorontalo di hati dan jiwa Wisudawan /Wisudawati yang paling dalam, karena apapun yang Saudara/Saudari lakukan sebagai alumni, akan berpengaruh terhadap kampus Kita. Pungkas Rektor (aadum)