Gorontalo (iaingorontalo.ac.id) – Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. H. Zulkarnain Suleman, M.HI menyatakan Guru agama mempunyai peran penting dalam mengarahkan dan menanamkan moderasi beragama di sekolah, khususnya guru PAI memiliki peran untuk memberikan pengetahuan, pemahaman dan pengertian yang luas tentang Islam yang damai, Islam rahmatan lil alamin yang dapat menghargai perbedaan, menghormati keyakinan masing-masing dan menjunjung tinggi tenggang rasa.

Pernyataan tersebut disampaikan Rektor Dr. Zulkarnain Suleman saat membuka Webinar moderasi beragama bagi Guru PAI dengan tema “Menjadi Guru Rahmatan Lil Alamin” Kamis (28/10/21), secara virtual yang dilaksanakan oleh Rumah Moderasi Beragama IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Rektor menekankan guru agama adalah aktor kunci Moderasi Beragama. Sebab guru agama memiliki peran strategis untuk membina aktivitas keagamaan dan menguatkan moderasi beragama bagi peserta didik.

“Guru agama memegang peranan penting dalam proses pendidikan dan transformasi, agar peserta didik dapat berfikir moderat, santun dan mendorong siswanya agar memiliki akhlak mulia,” tegas Rektor

Webinar yang di pandu oleh Ahmad Zaenuri, M.Pd menghadirkan narasumber Guru Agama Lintas Agama diantaranya ; Pandita Waluyo Dwi Asmoro , S.Ag (Guru Agama Budha), Maartje Margaritha Tapada, S.Ag ( Guru Pendidikan Agama Kristen) dan dihadiri 100 lebih guru Agama Islam dan Mahasiswa. (Aadum)

 

Bagikan: