MANADO (iaingorontalo.ac.id) – Bertempat di gedung rektorat lantai empat Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) Manado, hari ini Senin, 1 November 2021 Pukul 10:00 WITA berlangsung penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara IAIN Sultan Amai Gorontalo dengan UNSRAT Manado.

Kesepakatan nota kesepahaman antara kedua perguruan tinggi tersebut ditandatangani langsung oleh Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. H. Zulkarnain Suleman, M.HI bersama Rektor UNSRAT yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Wakil Rektor IV Unsrat Bidang Perencanaan, Penganggaran dan Kerjasama, Prof. Dr. Ir. Sangkertadi, DEA.

Dalam sambutannya Prof. Dr. Ir. Sangkertadi, DEA saat mewakili Rektor Unsrat menyambut baik semua fokus kerjasama dari kesepakatan MoU yang terjalin antara kedua bela pihak yang dalam hal ini antara IAIN Gorontalo dan Universitas Sam Ratulangi Manado. Olehnya Prof. Sangkertadi berharap kesepakatan yang akan digagas ini dapat diwujudkan secara nyata bukan hanya lewat kertas MoU tapi diimplementasikan dalam kegiatan yang nyata.

Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. H. Zulkarnain Suleman, M.HI pada kesempatan yang sama mengatakan, dalam rangka memperkuat dan mengembangkan penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi serta menindaklanjuti program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, maka dibutuhkan kolaborasi antar perguruan tinggi guna mensinergikan potensi sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing perguruan tinggi.

Rektor Dr. Zulkarnain menuturkan, IAIN Gorontalo yang saat ini yang sedang bergerak menuju Universitas Islam Negeri (UIN), tentunya membutuhkan kolaborasi atau kerjasama antar perguruan tinggi ada baik itu perguruan tinggi umum maupun spesifik atau keagamaan.

“Kolaborasi antar perguruan tinggi sangat penting untuk peningkatan kualitas lembaga olehnya MoU ini akan menjadi momentum yang sangat berharga bagi IAIN Gorontalo sebab dari segi kualitas Universitas Sam Ratulangi Manado tidak perlu diragukan lagi,” ujar Rektor IAIN Gorontalo.

Rektor menambahkan adapun poin-poin penting yang akan digagas dalam kesepakatan ini terkait pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan dan Pengajaran. Penelitian dan Pengembangan. Pengabdian kepada Masyarakat.

Terkait kerjasama dalam bidang penelitian Rektor menjelaskan akan fokus pada penelitian kolaboratif berbasis moderasi beragama. Disampaikannya keberagamaan keberagaman dan pengamalan agama serta interaksi saling mendukung antara umat beragama mampu mewujudkan moderasi beragama di Kota Manado.

“Hal inilah menjadi rujukan bagi kami untuk melakukan penelitian yang kolaboratif sehingga nantinya penelitian ini akan menjadi role model bagi kita semua untuk menjaga moderasi beragama dalam merawat persatuan dan kesatuan,” tandas Rektor

Usai pelaksanaan MoU acara dilanjutkan dengan pertukaran cinderamata antara IAIN Gorontalo dan Unsrat Manado, dan dilanjutkan dengan diskusi terkait poin-poin penting yang akan digagas pada pelaksanaan MoU nanti.

Untuk kerjasama bidang pendidikan dan pengajaran lintas Fakultas/Pascasarjana meliputi pertukaran dosen, kuliah umum/kuliah pakar, penguji ekternal baik Tesis/Disertasi, pembicara dan narasmuber seminar/Internasional dan konsorsium kelimuan dosen (mereview Kebijakan eksekutif, legelatif dan Yudikatif).

Kerjasama di bidang penelitian meliputi penelitian kolaboratif berbasis moderasi beragama maupun kearifan lokal, penelitian interdisipniner kelimuan dan penelitian berbasis kompetitif kelimuan.

Dan untuk kerjasama bidang pengabdian kepada mbasyarakat yakni pemberdayaan serta pendampingan masyarakat dalam Kerukunan umat beragama, pemberdayaan masyarakat marjinal dosen masuk desa serta KKN terintegrasi yang akan diterapkan di Bolmong Raya. (Aadum)

 

Bagikan: