GORONTALO – Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. H. Zulkarnain Suleman, M.HI menekankan pentingnya kualitas penelitian bagi kemajuan suatu suatu lembaga pendidikan.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka kegiatan “Seminar Laporan Antara Penelitian LITAPDIMAS” yang dilaksanakan oleh LP2M, Kamis (19/5) di Auditorium lantai 4 gedung rektorat.

Menurutnya, semakin banyak riset yang berkualitas yang ditelurkan oleh para dosen di suatu perguruan tinggi, akan mampu mendorong perbaikan peringkat reputasi bagi institusi tersebut.

“Logikanya, saat seorang peneliti melakukan publikasi diberbagai jurnal ilmiah, otomatis peneliti tersebut akan memasukan nama institusi dari mana dia berasal. Sehingga nama perguruan tinggi tersebut menjadi semakin dikenal,” jelasnya

Olehnya Rektor berharap, IAIN Sultan Amai Gorontalo harus mampu menciptakan atmosfir semangat meneliti ditengah civitas akademiknya. Sehingga, diharapkan para insan peneliti mampu menelurkan lebih banyak hasil penelitian yang berkualitas, dan bermanfaat bagi kemajuan IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Hal senada disampaikan oleh Ketua LP2M, Dr. Muh. Rusli, M.Fil.I. menurutnya, kegiatan ini dianggap penting dan pihaknya akan melakukan monitoring atas progres pelaksanaan penelitian, serta sejauhmana pencapaian sehingga kita dapat mengetahui progres penelitian, serta akan melakukan evaluasi sekaligus saran, baik dari tim reviewer muupun dari peserta, sehingga saran dan mauskan terserbut akan menjadi masukan atas penelitian yang sedang dilakukan.

“Kegiatan ini sangat penting untuk kita seriusi bersama, disatu sisi hasil penelitian akan menambah khasanah literasi dan novelty untuk pengembangan ilmu pengetahuan baik secara umum maupun khusus” paparnya

“Disisi lain hasil penelitian akan menjadi rerefensi penting dalam upaya kita memberi opsi kebijakan secara internal maupun ekternal kampus ketika penelitian itu menyentuh masalah sosial, keagamaan, ekonomi, budaya, pemerintahan” sambung Rusli

Sementara itu Kepala Pusat Penelitian Dr. Nova Effenty Muhammad, M.HI menjelaskan, penyampaian progres penelitian dibutuhkan untuk disampaikan oleh para penerima project bantuan penelitian litapdimas ini sebagai bagian dr upaya kontrol jika penelitian ini sedang dilaksanakan.

Kapus Penelitian menambahkan, penyampaian laporan antara ini peneliti akan menyampaikan progres penelitian hasil yang diperoleh dan hambatan dalam penelitian dan selanjutnya peneliti akan menyampaikan langkah berikutnya yg akan dilakukan untuk menyelesaikan penelitian.

“Kami dr LP2M sebagai Even Organizer project ini berharap tahapan ini dapat memberikan nilai tambah insyaallah kepada kwalitas yg sdh dinyatakan layak oleh tim penilai” pungkas Kapus Penelitian

Bagikan: