Selasa 1 Juni 2021, LPTK IAIN Sultan Amai Gorontalo menyelenggarakan BIMTEK atau bimbingan teknis cara penyusunan soal berbasis HOTS. Kegiatan bimtek yang dibuka langsung oleh Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. H. Lahaji, M.Ag yang dihadiri seluruh instruktur PPG yang telah lulus seleksi, dimulai pukul 08.00 dan berakhir sekitar pukul 17.00. Kegiatan tersebut dilakukan secara daring dan luring dengan tetap mematuhi protokol kesehatan guna menekan penyebaran COVID-19.

Dalam sambutannya Rektor menghimbau agar para instruktur menyimak materi bimtek dengan sungguh-sungguh sehingga dapat diaplikasikan pada pelaksanaan pembelajaran PPG yang rencananya akan dimulai serentak secara nasional mulai tanggal 7 Juni 2021. Rektor juga menambahkan, kualitas atau bobot dari soal-soal yang dibuat nantinya akan mempengaruhi kulialitas lulusan  PPG LPTK IAIN Sultan Amai Gorontalo sehingga tujuan utama pelaksanaan kegiatan ini dapat tercapai yaitu menjadikan guru yang profesioanal.

Hadir pula pada kegiatan tersebut, Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I dan juga Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. H. Lukman Arsyad, M.Pd. yang sekaligus mendampingi Rektor pada sesi pembukaan.

Pemateri yang dihadirkan pada kegiatan bimbingan teknis penyusunan soal berbasis hots adalah guru besar pada Fakultas Metematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta Jurusan Pendidikan Fisika. Beliau adalah Prof. Dr. Drs. Edi Istiyono, M.Si berpangkat Pembina utama muda dengan golongan IV/c.

Sebagaimana yang disampaikan oleh moderator yaitu ibu Dr. Andi Mardiana, SE.,M.Si bahwa HOTS atau Higher Order Thinking Skill. HOTS merupakan kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif dan kreatif atau sederhananya HOTS itu adalah kemampuan analisis tinggi. Melalui kegiatan ini diharapkan para instruktur untuk mampu membuat soal-soal terkait modul pembelajaran PPG yang berkualitas berbasis HOTS.

Dalam meterinya Prof. Edi menjelaskan bahwa materi yang akan beliau paparkan adalah materi yang telah dituangkan pada buku “Edi Istiyono 2020, Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analisis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Tes Klasik dan Modern”. Tiga pokok materi yang akan paparkan yaitu matari HOTS itu sendiri, Teori Tes Modern dan Pengembangan Tes dan Analisisnya Secara Modern. Prof. Edi memaparkan materinya yang diselingi dengan beberapa pertanyaan dari peserta hingga praktek langsung cara membuat soal HOTS oleh peserta.

Pada akhir kegiatan yang ditutup juga oleh Rektor, Rektor kembali menyampaikan harapannya agar materi yang telah djelaskan oleh Prof. Edi dapat diaplikasikan oleh para instruktur tidak hanya pada pelaksanaan kegiatan PPG namun juga dapat diaplikasikan pada proses pembelajaran regular, sehingga mampu meningkatkan kualitas dari peserta didik maupun alumni IAIN Sultan Sultan Amai Gorontalo.

 

Bagikan: