Gorontalo – Bertempat di lantai 4 gedung rektorat, Senin (28/7/22), Pusat Bahasa IAIN Sultan Amai Gorontalo melaksanakan kegiatan Training Literasi Bahasa Internasional. Kegiatan dengan tema “Menumbuhkan Budaya Literasi Menghasilkan Karya Berupatasi” mengahdirkan pemateri, Dr. Hj. Amrah Kasim, MA, Ketua Prodi Program Doktor UIN Alauddin Makassar, Muzaitun, M. Appling, Phd, Direktur Kerjasama Luar Negeri UNG dan Armiati Rasyid, M.Ag, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo.

Mengawali sambutannya Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. H. Zulkarnain Suleman, M.HI menuturkan, sejak tahun 2016 pemerintah telah meluncurkan Gerakan Literasi Nasional yang merupakan upaya pemerintah untuk memperkuat, menghimpun semua potensi dan memperluas keterlibatan publik dalam menumbuhkan kembangkan dan membudayakan literasi di Indonesia.

Oleh karena itu, lanjut rektor, gerakan ini perlu ditindaklanjuti pula dengan Gerakan Literasi Kampus (GLK), baik literasi baca, tulis, bahasa dan budaya, serta literasi digital. Menurutnya, literasi baca dan tulis diharapkan tidak sekedar aktivitas biasa, tetapi mampu menghasilkan produk, karya yang dibutuhkan oleh mahasiswa dan masyarakat.

Lebih jauh Rektor menambahkan, saat IAIN Sultan Amai Gorontalo sedang berupaya dan berikhtiar memperjuangkan alih status menjadi Universitas Islam Negeri. Alih status menurutnya salah satu indikatotrnya adalah Akreditasi Prodi Unggul minimal 2 Prodi.

“Oleh karena itu program-program Pusat Bahasa diharapkan dapat memberi kontribusi lebih untuk mewujudkan Akreditasi unggul pada Program Studi yang ada di IAIN Sultan Amai Gorontalo” harap Rektor

“Kegiatan training ini diharapkan dapat menghasilkan karya-karya yang bereputasi, apalagi didampingi oleh para pemateri yang ahli dalam bidang bahasa, sastra, budaya sehingga riset-riset yang belum terjamah, belum dibahas, penting untuk diteliti” pungkas Rektor (AD)

Bagikan: