Bertempat di Aula Rektorat Lantai 4, (28 Juni 2022) Pusat Pengembangan Bahasa IAIN Sultan Amai Gorontalo, selenggarakan Training Literasi Bahasa International (LBI). Triaining ini dibuka langsung oleh Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. H. Zulkarnain Suleman, M.Hi.

Dalam sambutannya Rektor menyampaikan sangat mendukung program-progam pusat bahasa yang berorientasi pada peningkatan kualitas dan kuantitas riset-riset bereputasi.

“Melalui Gerakan Literasi Kampus, karena saat ini IAIN Sultan Amai Gorontalo sementara bertransformasi menjadi UIN, sehingga dosen dan mahasiswa harus terus berinovasi, berkolaborasi meningkatkan hasil-hasil riset, baik artikel ilmiah, IPR, Haki dan Buku yang terpublikasi baik di tingkat Nasional maupun International.”  ucap Rektor

Dr. Ibnu Rawandhy N. Hula, M.A, Kepala Pusat Bahasa, menyampaikan bahwa; Pusat Bahasa IAIN Sultan Amai Gorontalo saat ini, berupaya menghadirkan program-program pelatihan dalam rangka meningkatkan daya saing kelembagaan melalui riset dan karya-karya dosen dan mahasiswa yang itu menjadi data dukung akreditasi. Sehingga kegiatan Training Literasi ini yang berorientasi pada output.

“Secara teknis, training ini akan dilanjutkan dengan pendampingan/asistensi khusus penyusunan karya-karya literasi, yang akan menghasilkan sejumlah riset yang layak publikasi. Al-hamdulillah, “saat ini telah terhimpun 36 Judul riset, yang terdiri dari 1) 15 Riset bidang Bahasa Inggris, 2) 21 Riset bidang Bahasa Arab (S1-S2) dan 1 Riset Perbankan Islam. Adapun karya dosen berupa buku dan Haki sebanyak 10 Judul.” Sehingga total sebanyak 49 karya. Pungkasnya.

Kegiatan training, ditutup secara resmi oleh kepala Pusat Bahasa, dengan pemberian penghargaan kepada pemateri, pendamping, moderator dan mahasiswa. Tampak hadir pada acara penutupan tersebut, ketua progam studi PBA Dr. Hj. Ratni Bt. Bahri, M.Pd.I, Sekjur TBI Enni Akhmad, M.Pd dan sejumlah Dosen dan Panitia.

Bagikan: