BANDUNG (iaingorontalo.ac.id) – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo Dr. H. Zulkarnain Suleman, M.HI menghadiri pembukaan Pekan Seni dan Olahraga (PESONA) Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) I yang dihelat di UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada pada 8 -13 Agustus 2022.

Grand Opening Ceremony PESONA PTKN I yang dibuka langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil, Selasa (9/8/2022) malam turut dihadiri oleh juga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kapolda Jabar Irjen Suntana, Dirjen Pendidikan Islam Prof Ali Ramdani, jajaran pejabat Kemenag, PimpinanPTKN se-Indonesia. Perhelatan nasional bagi mmahasiswa PTKN tersebut juga dihadiri oleh Ketua Dharma Wanita, Wakil Rektor III, para official, humas dan peserta dari IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Dalam sambutannya Menteri Agama Yaqut berpesan, terutama kepada para peserta dan kontingen PESONA I agar menjaga sportifitas.

“Olahraga dan agama adalah tarikan nafas yang tidak dapat dipisahkan. Olahraga itu mencari prestasi, siapa yang ulet dia yang menang,” kata Yaqut dalam sambutannya.

Menurut Yaqut, olahraga, seni, agama dan tuhan tidak dapat dipisahkan dan Allah mencintai keindahan.

Sementara itu, ditempat yang sama Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani mengajak peserta menjadikan PESONA PTKN I sebagai ajang pertunjukan nilai-nilai keagamaan dan unsur-unsur budaya lokal yang mampu menjadi asas fundamental untuk membangun moralitas kejujuran dan sportivitas dalama berkompetisi.

Sebagaimana diketahui, IAIN Sultan Amai Gorontalo pada ajang PESONA ini menurunkan 9 peserta yang akan mengikuti 5 cabang lomba dari 22 cabang yang akan diperlombakan dan dipertandingkan.