Gorontalo – Jurusan Manajemen Keuangan Syariah (MKS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), IAIN Sultan Amai Gorontalo, melaksanakan Praktikum Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) di 4 Desa yang ada di Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo 8-9 Juni 2022. Adapun 4 Desa tersebut yakni Desa Ombulo, Desa Daenaa, Desa Tunggulo dan Desa Pone.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Dr. Roni Mohamad, S.E., M.Si menuturkan, SISKEUDES merupakan aplikasi yang dikembangkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa.

Menurutnya, aplikasi SISKEUDES dirancang untuk meningkatkan kapasitas Pemerintah Desa dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan desa.

Olehnya selaku Dekan FEBI dirinya sangat mendukung penuh pelaksanaan Praktikum SISKEUDES di 4 Desa ini.

“Kedepannya Desa-Desa inilah yang akan menjadi Laboratorium Sistem Keuangan Desa” ungkap Dekan FEBI Dr. Roni Mohamad

Sementara itu Ketua Jurusan MKS, Dr. Luqmanul Hakiem Ajuna, S.E.I., M.M., AWP mengatakan, sangat mendukung pelaksanaan Praktikum SISKEUDES secara langsung di Desa.

Ia berharap pelaksanaan Praktikum SISKEUDES di Desa tidak hanya dilaksanakan di tahun ini saja, namun dapat dilaksanakan di tahun² berikutnya.

Lukman pun menambahkan, pelaksanaan Praktikum Siskeudes di 4 Desa yang ada di Kecamatan Limboto Barat merupakan salah satu tindak lanjut dari penandatanganan MoA dengan Kepala Desa.

“Pelaksanaan praktikum Siskeudes diharapkan dapat memberikan pemahaman, pengalaman dan ilmu kepada Mahasiswa tentang pengoperasian Aplikasi SISKEUDES yang ada di Desa” tandas Lukman

 

 

Bagikan: