Gorontalo, Jumat 19 Agustus 2022 LPTK IAIN Sultan Amai Gorontalo melaksanakan kegiatan evaluasi perkuliahan pendalaman materi dan persiapan lokakarya Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi Guru Madrasah dan PAI Batch-2 Tahun 2022. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Mahasiswa PPG Batch-2, unsur pimpinan, Pengelola dan Admin LPTK.

Tujuan kegiatan ini untuk mendapatkan informasi ketercapaian hasil perkuliahan pendalaman materi yang sesuai schedule selesai tanggal 19 Agustus 2022. Selain itu, dirangkaikan dengan persiapan teknis pelaksanaan Lokakarya yang akan dimulai hari Senin, 22 Agustus 2022. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Sultan Amai Gorontalo Dr. H. Said Subhan Posangi, M.Pd., dan dipandu langsung oleh Dr. Damhuri, M.Ag.

Dekan FITK dalam sambutannya menyampaikan bahwa Alhamdulliah tak terasa perkuliahan pendalaman materi telah selesai dan berjalan dengan lancar selama pelaksanaan perkuliahan pendalaman materi tidak mengalami kendala berarti baik dari segi layanan, sarana maupun jaringan. Selain itu, memberikan motivasi kepada Mahasiswa PPG untuk mempersiapkan diri ke tahap berikutnya yaitu Lokakarya, karena untuk menjadi guru profesional harus mampu mengembangkan desain dan perangkat pembelajaran sebelum melaksanakan pembelajaran. Tak lupa  Dekan FITK mengucapkan selamat kepada mahasiswa PPG Daljab Batch-2 Tahun 2022 yang telah menyelesaikan perkuliahan pendalaman materi, semoga hasil yang diperoleh sesuai dengan harapan.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian hasil evaluasi ketercapaian perkuliahan pendalaman materi bagi mahasiswa PPG Daljab Batch-2 dan hal teknis pelaksanaan Lokakarya yang disampaikan oleh Ketua Pengelola Dr. Herson Anwar, M.Pd mulai dari perangkat pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Review Perangkat Pembelajaran dan PTK, Peerteaching dan Uji Komprehensif. Dilanjutkan dengan penjelasan Dr. Lian G. Otaya, M.Pd terkait mekanisme pelaksanaan lokakarya untuk setiap aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa terutama aktivitas pada perangkat pembelajaran mulai dari RPP, bahan ajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), media pembelajaran dan instrumen penilaian. Kegiatan diakhiri dengan simulasi Lokakarya pada aplikasi LMS Space yang disampaikan oleh H. Ahmad Fahmi Tuli, S.Kom selaku admin utama LPTK yang dibantu oleh Taufik Taib, ST dan Mudtaqin Ali, S.Ei sebagai host.

Setelah diberikan penjelasan, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Perhatian dan respon Mahasiswa PPG terhadap kegiatan ini secara umum sangatlah positif dan antusias.